Feb 28, 2008

Perburuan Ikan Paus Di Lamalera-Lembata

Kecerian anak-anak Lamalera menyambut hasil Buruan,...





Lamalera merupakan sebuah desa di Pulau Lembata yang terletak di selatan dan berhadapan langsung dengan laut Sawu. Penduduk nya semua berprofesi sebagai Nelayan sehingga keahlian dalam Perburuan Ikan Paus da jadi suatu hal yang harus dimiliki oleh purta-putra Lamalera.
Perburuan.....ini sudah berlangsung sejak tempo doloe yang dilakukan secara gotong royong dan menggunakan alat-alat tradisional. Sudah beberapa kali pledang atau perahu mereka dibawah atau ditarik oleh Ikan ini memasuki perairan Australia dan hampir menewaskan para nelayan, beruntung ada kapal patroli negara Australia menyelamatkan mereka.




Untuk mengetahui bagaimana cara perburuan ini bisa dilihat langgsung ke Lamalera, Foto Ikan Paus



Yang menjadi pertanyaan dan mengusik perasaan saya yaitu mengapa populasi Ikan Paus ga ada habisnya, atau memang disana tempat berkembang biaknya ikan-ikan itu. Menurut beberapa informasi yang diperoleh bahwa dilaut sawu merupakan jalur atau lintasan perpindahan ikan raksasa itu dari kutup utara ke selatan atau sebaliknya...hanya saja belum ada yang memastikan teori ini. Hematnya ini adalah suatu keajaiban alam dan kita patut bersyukur, terutama untuk anak-anak Lembata yang sudah pernah merasakan lesatnya daging ikan paus termasuk saya he he ... Perlu di ingat bahwa sudah banyak putra Lamalera yang menjadi orang-orang terkenal disemua bidang ilmu, karena ternyata daging ikan Paus (Koteklema) mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga berpengaruh kepada kecerdasan.
Kawan terlalu berat untuk di tarik sendiri....

Thanks,.. buanget untuk gambarnya.-


1 comment:

Anonymous said...

See Here or Here